Apa Itu Captcha dan Fungsinya Pada Website Anda?

Pernahkah Anda diminta memasukkan rangkaian huruf atau angka sebelum melakukan aktivitas di sebuah website? Misalnya sebelum Anda log in ke suatu website. Nah, itu adalah captcha.

Meski sekilas terasa mengganggu, tapi jangan kesal dulu. Sebab captcha punya banyak fungsi untuk website Anda. Penasaran apa saja fungsinya?

Tenang saja, di artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap. Mulai dari pengertian captcha, fungsi captcha hingga cara memasangnya. Yuk langsung simak saja!

Pengertian Captcha

Captcha adalah fitur keamanan untuk memastikan apakah website diakses oleh manusia, bukan oleh robot. Dengan begitu, website Anda terhindar dari spam.

Captcha biasanya berbentuk rangkaian huruf dan angka. Lalu, seperti apa cara kerjanya?

Anda mungkin pernah membuka suatu website untuk kepentingan tertentu. Misalnya, Lapak Satria melakukan log in ke sebuah akun. Namun Anda diminta memasukkan rangkaian angka atau huruf terlebih dahulu.

Mungkin sekilas terasa mengganggu, ya? Apalagi kalau Anda sedang terburu-buru. Tapi jangan kesal dulu.

Sebab, robot pengirim spam tidak bisa membaca susunan huruf atau angka captcha itu lho. Ketika robot spam gagal membaca captcha, robot spam tidak bisa mengakses laman website. Dengan begitu, captcha sukses menghentikan langkah robot untuk mengirim spam ke suatu website.

Nah, apa saja fungsi captcha sebagai penghambat spam ini untuk website Anda? Simak pembahasan selanjutnya ya.

Fungsi Captcha untuk Website Anda

Berikut ini adalah fungsi captcha untuk website Anda:

1. Mencegah Registrasi Akun Palsu

Adanya captcha di website bisa melindungi form registrasi website Anda dari serangan akun palsu lho. Misalnya, form registrasi akun di website toko online Anda.

Nah, serangan akun palsu ini tidak bisa Anda remehkan. Sebab akun palsu yang memenuhi database Anda akan berdampak pada efektivitas email Anda. Mengapa?

Ketika Anda mengirim email marketing ke akun palsu, email Anda tidak akan masuk ke suatu inbox.

Nah, jika jumlah email marketing yang terpental itu makin banyak, penyedia email seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook akan menilai reputasi alamat email Anda buruk.

Makin rendah reputasi yang dimiliki email Anda, penyedia email akan mengarahkan email marketing Anda ke folder spam para penerima. Kalau sudah begini, email marketing Anda tentu tak akan efektif.

Tak hanya itu saja lho, akun palsu bisa mencuri data penting di website Anda. Misalnya seperti data pribadi Anda di website.

2. Mencegah Komentar Spam di Website atau Blog

Jika Anda memiliki website bisnis toko online atau blog, mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan komentar spam. Misalnya, komentar berisi promosi produk atau komentar dengan jumlah tinggi yang dikirim untuk menaikkan rating blog..

Komentar spam semacam itu juga tak bisa Anda remehkan. Sebab komentar spam akan membuat pengunjung website risih dan akhirnya merusak reputasi website Anda.

Tak hanya itu saja, mesin pencarian Google akan menetapkan website dengan komentar spam sebagai spam virus. Hal ini bisa menyebabkan website Anda dihapus dari mesin pencarian Google.

Nah, captcha dapat melindungi website Anda dari komentar spam tersebut. Sebab, sebelum robot spam mengirim komentar, robot tidak bisa membaca dan menyalin rangkaian huruf dan angka captcha.

3. Mengamankan Transaksi Jual Beli Online di Website

Captcha bisa berfungsi untuk memastikan bahwa order produk di website toko online Anda asli dan dilakukan oleh manusia. Mengapa harus begitu ya?

Mari belajar dari kasus Supreme. Supreme merilis dan menjual produk limited edition di hari tertentu. Nah, disaat itu ada banyak robot yang melakukan pembelian besar-besaran. Tujuannya untuk menjual produk eksklusif itu dengan lebih mahal.

Akibatnya, para pembeli asli tidak kebagian produk dengan harga asli. Mereka harus membeli produk dengan harga hingga ratusan dollar. Apalagi, ada beberapa pengguna robot yang menetapkan biaya keanggotaan bagi para pembeli Supreme.

Jika kasus tersebut terjadi pada produk eksklusif toko online Anda, customer experience toko online Anda tentu akan memburuk. Akibatnya, reputasi brand Anda bisa terancam, kan?

Agar kejadian di atas tidak terjadi, saatnya Anda melengkapi website toko online Anda dengan captcha.

Nah, itu tadi adalah fungsi captcha untuk website Anda. Setelah ini, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu soal jenis-jenis captcha yang sesuai untuk website Anda. Apa saja? Simak pembahasan selanjutnya.

Jenis-Jenis Captcha

Berikut ini adalah jenis-jenis captcha yang bisa Anda gunakan untuk website Anda:

1. reCaptcha Google

Ada beberapa layanan captcha yang tersedia di internet. Nah, salah satu penyedia fitur captcha adalah Google, yaitu Google reCaptcha.

Captcha dari Google ini dianggap sangat sulit untuk ditembus oleh robot, tetapi sangat mudah digunakan oleh manusia. Sebab, reCaptcha Google memiliki dataset dan dokumentasi yang terbagi jadi dua versi, yaitu:

Google reCaptcha v2

Captcha ini akan menampilkan checkbox “I’m not a robot” pada sebuah form di website. Contohnya seperti form login wordpress di bawah ini.

Captcha jenis ini merupakan opsi yang simpel. Sebab, captcha ini mengizinkan pengguna mengakses form tanpa menyalin rangkaian angka atau huruf. Mereka cukup mencentang checkbox untuk melakukan verifikasi keamanan.

Google reCaptcha v3

Ada yang lebih simpel lagi daripada Google reCaptcha v2 nih, yaitu Google reCaptcha v3. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Google reCaptcha v3 menyediakan verifikasi keamanan otomatis. Bagaimana cara kerjanya?

Misalnya, Anda memiliki website toko online dengan traffic tinggi tetapi konversinya rendah. Lalu Anda ingin mengecek apakah traffic tinggi itu berasal dari pengunjung asli atau robot.

Nah, Anda bisa menambahkan Google reCaptcha pada masing-masing halaman website toko online. Misalnya, di halaman log in akun, halaman review produk, atau checkout produk.

Nantinya Google reCaptcha akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aktivitas pengunjung. Misalnya, memindai postingan pelanggan di halaman review. Jika terdeteksi sebagai aktivitas bot, captcha akan langsung menghapus postingan tersebut.

Setelah itu, pelanggan Anda bisa lebih percaya deh dengan halaman review Anda. Sebab, komentarnya asli dan bebas komentar dari bot.

error: Content is protected !!